Proses Terjadinya Gerhana Matahari | KATAMOCCA

Proses Terjadinya Gerhana Matahari

September 27th, 2016 0 Comments

Kali ini Katamocca akan membahas info tentang Proses Terjadinya Gerhana Matahari.  Kita termasuk orang beruntung jika dapat melihat fenomena alam yang satu ini dikarenakan Gerhana Matahari sangat jarang sekali terjadi. Akan Tetapi Gerhana Matahari tidak dapat terjadi begitu saja, Gerhana Matahari dapat terjadi karena melewati beberapa proses alam. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai gerhana matahari mari kita cari tahu dulu apa itu gerhana matahari.

Pengertian Gerhana

Gerhana adalah suatu peristiwa fenomena alam yang terjadi di luar angkasa yaitu proses tertutupnya sebuah objek disebabkan adanya benda/objek yang melintas di depannya. Kedua objek yang terlibat dalam gerhana ini memiliki ukuran yang hampir sama jika diamati dari Bumi. Contohnya gerhana Matahari dan gerhana Bulan.

Proses terjadinya gerhana matahari

Proses Terjadinya Gerhana MatahariGerhana Matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari.

Walaupun Bulan berukuran lebih kecil dari Matahari, bayangan Bulan mampu dan dapat melindungi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer. Gerhana Matahari dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu: gerhana Matahari total, gerhana Matahari sebagian, dan gerhana Matahari cincin.

Bahaya melihat gerhana matahari secara langsung

Jika kita melihat Gerhana Matahari secara langsung tanpa memakai alat dapat berbahaya bagi mata kita karena dapat membuat retina kita akan rusak bahkan dapat membuat mata rusak secara permanen sehingga dapat mengalami terjadinya kebutaan. Hal ini terjadi karena radiasi yang tinggi namun tidak kelihatan oleh mata kita.

Nah begitulah penjelasan tentang Proses Terjadinya Gerhana Matahari, semoga dapat menambah wawasan kita dan bisa bermanfaat bagi kita semua.

 

If You Like This Post, Share it With Your Friends & Peers

Digg
stumbleupon
Delicious
facebook
twitter
reddit
rss feed bookmar
   

No Comment to “Proses Terjadinya Gerhana Matahari”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...

Leave your comment here:

FANPAGE

Top  blogs Site Meter free web site traffic and promotion Blog Directory & Business Pages - OnToplist.com Search Engine