Home Kesehatan Manfaat dan Khasiat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat dan Khasiat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

23
0

Biasanya manfaat buah pepaya yang masih mudah dibuat sayur seperti lalapan dan buah pepaya yang sudah masak dijadikan makanan penutup. Sedangkan manfaat daun pepaya biasanya dijadikan obat tradisional dan pada daerah tertentu juga mengolah daun pepaya menjadi sayuran.

Selain buah dan daun pepaya, manfaat lain dari tumbuhan pepaya terletak pada bunga pepaya, biasanya digunakan untuk pelengkap pada tumisan sayur. Sedangkan akar kering pepaya bisa digunakan untuk obat cacing. Buat ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi buah pepaya masak, karena buah pepaya yang masi mentah ataupun pepaya mangkal bisa menyebabkan keguguran.

Biasanya tumbuhan pepaya ditanam dengan menggunakan biji pepaya sebagai bibitnya, dan membutuhkan waktu sekitar 3 tahun untuk panen. tanaman pepaya perlu di rawat agar menghasilkan buah yang berkualitas. Manfaat pepaya yang paling utama adalah mencegah kangker. Buah, daun, dan akar pepaya memang dapat dimanfaatkan mencegah gangguan ginjal, sakit kandungan kemih, tekanan darah tinggi, dan gangguan haid. Sementara biji pepaya bermanfaat mengobati cacing gelang, gangguan pencernaan, masuk angin, dan diare. Nama latin pepaya atau ilmiah pepaya adalah carica papaya.
Manfaat pepaya sangat banyak, dan itu disebabkan karena:
  • Pepaya mengandung vitamin yang tinggi yaitu vitamin A,B,C dan E
  • Pepaya mengandung protein yang mudah diserap oleh tubuh.
  • manfaat pepaya juga memecah protein menjadi arginin yang berfungsi sebagai penghambat pertumbuhan sel kangker.
  • Manfaat pepaya yang lain yaitu memperlancar pencernaan makanan, dan menambah kekebalan tubuh.
Supaya betul-betul merasakan manfaat pepaya bagi tubuh, sebaiknya selalu mengkonsumsi buah pepaya karena vitamin pada pepaya melebihi wortel dan jeruk. Sebaiknya menanam pohon pepaya karena mulai dari akar hingga pucuk pepaya semuanya bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here